Sabtu, 15 Juni 2019

Keperawatan Maternitas


Kenali Faktor Penyebab Persalinan


Persalinan merupakan kejadian dimana terjadi kontraksi pada rahim ibu dan dimulai dengan pembukaan untuk mengeluarkan bayi dari rahim. Bagi ibu yang sedang mengandung anak pertama, tentunya ingin menjalani persalinan normal bukan dengan operasi.
Selama proses persalinan normal, kepala bayi biasanya berada di bawah atau di panggul. Ia siap keluar dengan kepala terlebih dahulu. Pada beberapa kasus, kepala bayi tidak berada di bawah dan disebut ‘sungsang‘. 
Sekarang kita akan membahas mengenai apa saja faktor-faktor yang membuat ibu mengalami persalinan.

Faktor-Faktor Penyebab Persalinan


1. Faktor Hormonal
Satu sampai dua minggu sebelum persalinan terjadi penurunan hormone esterogen dan progresteron. Dimana progresteron bekerja sebagai relaksasi otot polos. Sehingga aliran darah berkurang dan hal ini menyebabkan atau merangasang pengeluaran prostaglandin merangsang dilepaskannya oksitosin. Hal ini juga merangsang kontraksi uterus. Faktor struktur uterus atau rahim membesar dan menekan, menyebabkan iskemia otot-otot rahim sehingga menganggu sirkulasi otot plasenta yang berakibat degenerasi.
2. Faktor Syaraf
Karena pembesaran janin dan masuknya janin ke panggul maka akan menekan dan menggesek ganglion servikalis yang akan merangsang timbulnya kontraksi uterus.
3. Faktor Kekuatan Plasenta
Plasenta yang mengalami degenerasi akan mengakibatkan penurunan produk hormon progrestero dan esterogen.
4. Faktor Nutrisi
Suplai nutrisi pada janin berkurang maka hasil konsepsi akan dikeluarkan.
5. Faktor Partus
Partus sengaja ditimbulkan oleh penolong dengan menggunakan oksitosin, amniotomo gagang laminaria.





Daftar Pustaka

BAB II TINJAUAN TEORI PERSALINAN. (n.d.). Retrieved Mei 30, 2019, from http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/104/jtptunimus-gdl-caturindri-5155-2-bab2.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keperawatan Maternitas (Ibu Hamil)

Dampak Serius Hipertensi terhadap Kehidupan Ibu hamil 0 Hipertensi adalah penyakit yang ditandai dengan naiknya tekanan darah secar...